Entri Populer

Jumat, 13 Mei 2011

PERSIAPAN MENGHADAPI ULANGAN UMUM

       Ujian Nasional sudah selesai, kelulusan tinggal tunggu pengumuman. Kini giliran kelas VII dan kelas VIII yang Ujian semester, sudahkah siswa-siswi mempersiapkan diri? Bagaimana ya persiapannya? Masih ada yang malas belajar?
       Bagi siswa yang malas belajar bersegeralah merubah kebiasaan itu menjadi siswa yang rajin belajar. Rajin belajar bukan berarti meninggalkan aktivitas akan tetapi mengurangi frekuensi bermain, menambah frekuensi dan kualitas belajar. Aktivitas sehari-hari normal saja dan atur waktu belajar secara tepat. Bagi siswa yang rajin belajar biasanya tenang dan senang-senang saja menghadapi ulangan/ujian karena cara belajar mereka dicicil tiap hari bukannya numpuk pas waktu ulangan baru buka buku sana-sini seperti bom waktu yang siap meledak pada waktunya. Ingat, UN tahun ini menyertakan nilai rapot dari semester 1 di kelas VII sampai dengan semester 1 kelas IX. Nah, jadi mulai sekarang perhatikan nilai rapotmu!
       Belajar itu mesti terarah, guru biasanya membuat soal dari indikator yang dibuat dari Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Dasar dari Standar Kompetensi (SK) yang berasa dari kurikulum yang sekarang yaitu KTSP. Indikator ini sebagai pedoman saja secara umum, tiap-tiap guru biasanya membuat indikator masing-masing sesuai Kompetensi Dasar. Siswa-siswi pada bingung ya dengan KTSP itu? Sudahlah jangan dipikirkan, itu pekerjaan bapak dan ibu gurumu di sekolah. Masih penasaran juga? Coba kamu cari pemetaan penilaian lalu pelajari indikatornya, jika kamu temukan, maka kamu memperoleh gambaran  soal-soal itu.
       Selamat belajar, jangan lupa berdoa, usaha (ikhtiar) dan berserah diri (tawakal) pada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar