Entri Populer

Kamis, 12 Mei 2011

SEKILAS TENTANG PENGERTIAN IPS DAN PENDIDIKAN IPS


Kita sering mendengar istilah IPS dan Pendidikan IPS,  anak-anak sekolah segera berpikir tentang mata pelajaran IPS yang disajikan di sekolah, masyarakatpun berpikir menurut persepsi masing-masing. Menurut Dr. Sapriya, M.Ed dalam bukunya Pendidikan IPS  Konsep dan Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial yang disingkat IPS dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang sering disingkat Pendidikan IPS atau PIPS merupakan dua istilah yang sering diucapkan atau dituliskan dalam dalam berbagai karya akademik secara tumpang tindih (overlaping). Kekeliruan ucapan ataupun tulisan tidak dapat sepenuhnya kesalahan pengucap atau penulis melainkan disebabkan oleh kurangnya sosialisasi sehingga menimbulkan perbedaan persepsi. Faktor lain dimungkinkan karena kurangnya forum akademik yang membahas dan memasyarakatkan istilah atau nomenklatur hasil kesepakatan komunitas akademik.
            Sebenarnya istilah IPS di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 1970-an sebagai hasil kesepakatan komunitas akademik dan secara formal mulai digunakan dalam sistem pendidikan nasional dalam kurikulum 1975. Dan jauh sebelumnya pendidikan IPS telah berkembang di luar negeri.
            Pengertian IPS dari waktu ke waktu mengalami perkembangan. Dari sekian banyak definisi maka definisi yang dikeluarkan oleh NCSS tahun 1993 lah yang paling lengkap dan a rujukan dalam berbagai aktivitas pendidikan. Definisi tersebut dirumuskan NCSS sebagai berikut.
Social studies is the integrated study of the social sciences and humanities to promote civic competence. Within the school program, social studies provides coordinated, systematic study drawing upon such diciplines as antropology, eeconomic, geographi, history, law, philosophy, political science, psychology, religion, and sociology, as well as appropriate content from the humanities, mathematics, and natural sciences. The primary purpose of socialstudies is to help young people develop the ability to make informed and reasoned decisions for the publik good as citizens of a culturally diverse, demokratic society in an interdependent world.

Adapun pengertian pendidikan IPS dalam konteks Indonesia untuk pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai berikut.
Pendidikan IPS adalah penyederhanaan atau adaptasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniura, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan. (Somantri, 2001: 92).

Sedangkan pengertian pendidikan IPS untuk perguruan tinggi atau LPTK adalah sebagai berikut.
Pendidikan IPS adalah seleksi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. (somantri, 2001: 92)

Perbedaan kedua definisi di atas terletak pada istilah “penyederhanaan” untuk pendidikan dasar dan menengah, sedang diperguruan tinggi menggunakan istilah “seleksi”. Perbedaan ini disesuaikan dengan tingkat kesukaran pada masing-masing jenjang pendidikan.

(Oleh: Ruslimah, 2011)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar